Telah dilihat sebanyak 781 kali

Dishub dan Satlantas Muba Atasi Jalan Amblas di Sanga Desa

Rabu, 06 Februari 2019 | 12:02 WIB
Diposting oleh fitria
SANGA DESA,beritamuba - Curah hujan yang lebat belakangan ini membuat salah satu ruas jalan Kabupaten yang berada di RT 12 Kelurahan Ngulak I Kecamatan Sanga Desa mengalami keretakan sepanjang kurang lebih 25 meter dan amblas dari posisi normal sekitar 20 cm, Senin (4/2/2019) sore sekitar pukul 16.00 WIB.  
 
Tak ingin kondisi tersebut menimbulkan korban jiwa, jajaran Dishub Kabupaten Musi Banyuasin bersama Satlantas Polres Muba yang dikomandoi oleh Bripka Rifky dan Bripka Hartoyo beserta Lurah dan warga setempat gotong-royong melakukan pemasanhan rambu peringatan dan traffic block di lokasi tersebut. 
 
"Untuk sementara meminimalisir dan mengantisipasi adanya korban jiwa dari pengendara yang melintas, Dishub dan Satlantas Polres Muba memasang rambu dan traffic block," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Muba melalui Kanit Patroli Dishub Muba, Endang, Selasa (5/2/2019). 
 
Dikatakan, pihaknya juga bersama jajaran Satlantas Polres Muba bersama-sama stand by di lokasi amblas jalan tersebut untuk mengatur lalu lintas serta mengingatkan pengendara yang melintas untuk berhati-hati saat melintas di lokasi tersebut. 
 
"Kami juga dibantu warga sekitar untuk bersama-sama memasang traffic block, kami imbau kepada pengendara yang melintas ke kawasan ini untuk berhati-hati dan mengurangi kecepatan kendaraan," ungkapnya. 
 
Sebelumnya terkait kejadian tersebut, Lurah Ngulak I, Naherunay, SH Msi yang mengetahui kabar tersebut lansung melakukan peninjauan ke lokasi. Serta memberikan himbauan kepada warga sekitar lokasi, agar berhati-hati ketika berada di lokasi guna menghidari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
 
“Kami dari pihak kelurahan, menghimbau kepada warga agar sebisa mungkin tidak mendekati lokasi tanah yang mengalami keretakan tersebut. Karena jika dilihat dari kondisinya potensi terjadinya longsor bisa terjadi kapan saja,“ katanya.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Sanga Desa, Suganda, Ap. MSi. Ia mengatakan, terkait hal tersebut pihaknya sudah melaporkan ke Pemkab Muba dan direspon dengan cepat oleh OPD terkait. 
 
“Kami berharap dinas terkait segera bisa melakukan tindak lanjut terhadap permasalahan tanah retak di kelurahan Ngulak I itu. Karena apabila tidak segera dilakukan perbaikan akan terjadi potensi tanah longsor," imbuhnya. 
 
Salah satu warga sekitar, Riswanda (49) menyebutkan warga setempat sangat berterima kasih dengan respon cepat yang dilakukan Pemkab Muba bersama Polres Muba. "Alhamdulillah pagi ini sudah dipasang traffic block dan ada petugas yang berjaga. Kami berharap supaya tidak ada korban jiwa akibat dari jalan amblas ini," pungkasnya.