Telah dilihat sebanyak 1944 kali

BPS Sosialisasikan Sensus Ekonomi 2016

Selasa, 27 Oktober 2015 | 09:10 WIB
Diposting oleh

SEKAYU, beritamuba - Dalam upaya mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi di Kabupaten Musi Banyuasin, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan sosialisasi sensus ekonomi 2016 di ruang rapat Bupati Muba, Selasa (27/10). Sensus ekonomi diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun yang sama berakhiran angka '6'. Sensus ekonomi pertama kali dilaksanakan pada tahun 1986, sensus ekonomi 2016 mendatang merupakan sensus yang ke 4 (empat) di Indonesia.

Sosialisasi SE 2016 kali ini menghadirkan seluruh camat, beberapa SKPD terkait, pimpinan perusahaan, dan pimpinan dunia perbankan di Muba, yang dibuka langsung oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Muba (Asisten II) Ir H Sulaiman Zakaria MT. Dalam sambutannya Asisten menyatakan pemerintah menyambut dan mendukung kegiatan sensus ekonomi 2016, karena untuk meningkatkan sektor ekonomi tentunya bukan hanya tugas BPS saja melainkan tugas bersama.
"Seluruh peserta sosialisasi harus mampu memberikan kontribusi dalam mensukseskan SE 2016 guna kemajuan Kabupaten Musi Banyuasin, terkhusus saya tugaskan seluruh Camat untuk menginstruksikan Kepala Desa supaya berpartisipasi dalam sensus ekonomi 2016", Tegas Sulaiman.
 
Seperti yang disampaikan oleh Kepala BPS Muba Sukerik SST MSi tujuan dilaksanakannya sosialisasi adalah untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, mengetahui daya saing bisnis di Indonesia, melatih dan membuka lapangan kerja untuk 400-600 ribu orang, serta meningkatkan pemahaman aktivitas ekonomi ke seluruh pelosok Indoneisa.
 
Sedangkan unit statistik SE 2016 dari unit rumah tangga mencakup UMK dan usaha sektor informal, dari unit pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota mencakup sekolah negeri, RS pemerintah, dan panti milik pemerintah, terakhir dari unit koperasi dan perusahaan baik dari BUMN dan BMUD mencakup pabrik, tambang, restoran, hotel, toko, minimart, dan lain-lain. 

(Penulis: Yogi Chandra , Editor: Ria Permata Sari)

        

Komentar

Hak Jawab

    Jika ada berita kami yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atau pedoman media siber


    Silahkan gunakan hak jawab dan mengadu ke redaksi www.beritamuba.com


    Bila tidak mendapatkan pelayanan semestinya silahkan mangadu ke Dewan Pers


    LAYANAN ADUAN
    HAK JAWAB