Telah dilihat sebanyak 1545 kali

Cegah Penyakit Kaki Gajah, Bupati Muba Bersama FKPD Konsumsi Obat Filariasis

Rabu, 03 Desember 2014 | 12:12 WIB
Diposting oleh

SEKAYU, Beritamuba - Guna mengantisipasi berkembangnya penyakit kaki gajah yang disebabkan oleh cacing filaria dan menular melalui gigitan nyamuk di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Bupati Muba H Pahri Azhari mengajak masyarakat di Bumi Serasan Sekate menggalakkan konsumsi obat filariasis secara massal.

Upaya ini diwujudkan Bupati Muba bersama Pimpinan FKPD dan Jajaran SKPD terkait, melakukan konsumsi obat filariasis secara bersama seiring memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2014 di Kabupaten Muba yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinkes Muba, Rabu (3/12).

Bupati Muba H Pahri Azhari mengatakan, sangat perlu sekali masyarakat mengkonsumsi obat filariasis ini. Untuk itu, Pemkab Muba melalui Dinkes Muba juga sepanjang tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya juga selalu menggalakkan kampanye kegiatan Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) filariasis kepada masyarakat.

“Melalui petugas kesehatan yang ada di setiap kecamatan hingga desa-desa telah digalakkan program POMP Filariasis kepada masyarakat. Kendati demikian, memang masih ada dan ditemukan di beberapa kecamatan warga yang mengidap penyakit kaki gajah ini. Karena itulah, pentingnya kita bersama rutin sesuai arahan petugas kesehatan yang mendampingi mengkonsumsi obat filariasis guna mencegah dan mengantisipasi penyakit tersebut,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Hj Sriwijayani MKes, mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pencanangan ini, pihaknya berharap cakupan pemberian obat massal untuk penduduk Muba dapat mencapai 80 persen.

“Kita menargetkan cakupan pemberian obat massal bagi masyarakat Muba dapat mencapai angka 80 persen. Selain itu, demi tercapainya kualitas kesehatan sesuai dengan MDGs 2015 dan mewujudkan visi misi Permata Muba 2017, penduduk Muba terbebas dari penyakit Filaria dan penyakit menular lainnya,” paparnya.  

Sedangkan mengenai upaya yang dilakukan Dinkes bagi warga yang menderita penyakit ini, Dinkes Muba sudah menempatkan petugas kesehatan yang terus memantau dan memberikan perawatan, dan pelayanan intensif.

 “Dengan harapan mencegah terjadinya luka yang dapat membahayakan bagi penderita, selain tentunya secara berkelanjutan memberikan asupan dan gizi kepada warga tersebut,”tambahnya.

Dalam rangka memperingati HKN ini juga Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan mengadakan berbagai rangkaian acara sosial diantaranya, pendistribusian bantuan kendaraan operasional bagi Direktur RSUD, pemeriksaan gula darah, donor darah, pencanangan minum obat massal pencegahan Filariasis dan penanda tanganan kesepakatan anti rokok yang dilakukan Bupati Muba H Pahri Azhari bersama Pimpinan FKPD dan SKPD terkait.