Telah dilihat sebanyak 1934 kali

Tingkatkan Kesejahteraan Warga dengan KB

Kamis, 14 Agustus 2014 | 11:08 WIB
Diposting oleh

LAIS, beritamuba - Masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya program Keluarga Berencana (KB) membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) lebih menggalakkan lagi program pelayanan KB gratis di wilayah Kabupaten Muba. Seperti pelayanan KB gratis yang dilaksanakan di PTPN 7 Kecamatan Lais. Puluhan warga setempat sangat antusias mengikuti program pemerintah ini, Rabu (13/8). Tujuannya selain untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya KB, juga untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti disampaikan oleh Kepala BKBPP Kabupaten Muba Mufasirin Abdullah SH melalui Staf Pelayanan Lara Septiana SSI di sela-sela kegiatan pelayanan KB gratis di Kecamatan Lais, “Kami sangat senang karena masyarakat di sekitar PTPN 7 menyambut antusias pelayanan KB gratis ini, terbukti dengan banyaknya warga yang mengikuti pelayanan ini,” ujarnya.

"Pada Pelayanan KB kali ini, ada 10 orang ibu-ibu mendapatkan pelayanan KB Suntik, 30 KB implant, 2 Kondom dan 3 orang mendapatkan alat kontrasepsi, sehingga totalnya ada 45 warga di sekitar PTPN 7 yang mengkuti kegiatan ini,” tambah Lara.

Selain Pelayan KB gratis di kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi mengenai pemeriksaan pada wanita dewasa untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker rahim atau biasa disebut dengan PAPSMEAR. Sosialisasi ini diikuti oleh 35 orang wanita dewasa yang berasal dari warga disekitar PTPN 7 Kecamatan Lais. Menurut Lili Yudiastuti dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Palembang sosialisasi ini memang sangat di butuhkan untuk diketahui para wanita supaya mampu menjaga kesehatan diri dan kesehatan sosial, serta untuk mengetahui kemungkinan adanya kanker rahim agar bisa di cegah sedini mungkin.

“Kanker rahim merupakan penyakit yang menakutkan dengan sosialisasi ini diharapkan warga di Kecamatan Lais bisa mengetahui dan mencegah timbulnya penyakit itu,” tambah Lili.

Warga setempat yang mengikuti pelayanan KB gratis dan sosialisasi PAPSMEAR ini juga sangat senang, mereka berharap Pemkab Muba melalui BKBPP lebih sering mengadakan kegiatan seperti ini. 

"Kami (masyarakat) menyambut dengan senang sekali kegiatan pelayanan KB gratis seperti  ini. Karena kegiatan ini  membantu langsung masyarakat, dan semoga acara-acara seperti ini dapat lebih sering diadakan dilingkungan wilayah Kabupaten Muba,” ujar salah satu warga.

 

(Penulis: Lutfi Saputra , Editor: Ria Permata Sari)

        

Komentar

Hak Jawab

    Jika ada berita kami yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atau pedoman media siber


    Silahkan gunakan hak jawab dan mengadu ke redaksi www.beritamuba.com


    Bila tidak mendapatkan pelayanan semestinya silahkan mangadu ke Dewan Pers


    LAYANAN ADUAN
    HAK JAWAB