Telah dilihat sebanyak 2892 kali

Desa Sidorejo Wakili Muba Lomba Desa Tingkat Provinsi

Senin, 05 Mei 2014 | 16:05 WIB
Diposting oleh

KELUANG- beritamuba- Desa Sidorejo Kecamatan Keluang terpilih mewakili Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada lomba desa tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), setelah menjuarai lomba desa Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Penilaian lomba desa dilaksanakan pada hari Senin, 5 Mei 2014. Kedatangan tim penilai lomba desa dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov) disambut oleh Asisten III Setda Muba, Ir Akmal Edy, beberapa perwakilan SKPD, tokoh masyarakat, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Keluang, Senin (5/5)

Kepala Desa Sidorejo, Pujiono menyampaikan, bahwa penetapan desanya mewakili Muba sesuai dengan realita dan fakta yang ada di lapangan, dimana dukungan dan peran serta seluruh masyarakat, sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta kesadaran masyarakat untuk membangun desa, disamping mempersiapkan diri mengikuti lomba desa.

"Dengan adanya perlombaan ini, saya dan warga Sidorejo berharap dapat memotivasi masyarakat untuk lebih aktif lagi membangun desa. Kami juga berharap bimbingan dari pihak Kabupaten dan Provini agar desa kami dapat menjadi desa yang mandiri dan sejahtera", ujar Pujiono saat memberikan sambutan.

Menurut Asisten III Setda Kabupaten Muba, Ir Akmal Edy, kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemkab Muba, karena dinilai sarat motivasi untuk memacu semangat masyarakat dalam membangun desa.

“Lomba desa ini sangat bagus, tujuannya adalah untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan desa dengan melihat pada orisinalitas gagasan, kreativitas, serta upaya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan semangat swadaya gotong royong masyarakat. Saya berharap Desa Sidorejo bisa menjadi yang terbaik”, ungkapnya.

Tim penilai yang hadir terdiri dari ketua tim PKK Provinsi Sumsel, Kesbangpol Sumsel, Dinas Kesehatan Sumsel, dan Dosen Universitas Sriwijaya (Unsri).

Penilaian lomba desa dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai ke tingkat nasional dengan menggunakan indikator yang sama yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan, ketertiban, partisipasi masyarakat dalam program pembangunan, pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan, dan kesejahteraan masyarakat. Bagi desa yang telah memenuhi semua indikator tersebut, maka desa itu berhak atas juara dan diikutsertakan dalam lomba desa di tingkat Nasional.