Telah dilihat sebanyak 1825 kali

Petani Keluang Antusias Ikuti Program SL-PHT

Kamis, 10 April 2014 | 16:04 WIB
Diposting oleh

KELUANG, beritamuba - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas perkebunan (Disbun), saat ini mengadakan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) dalam rangka peningkatan teknologi perkebunan di Bumi Serasan Sekate.

Untuk tahap awal, SL-PHT dilaksanakan Disbun di Desa Sumber Agung A2 Kecamatan Keluang, direspon positif petani setempat yang sangat antusias mengikuti program tersebut.

Kepala Disbun Muba Ir Thamrin melalui Kabid Sarana Prasarana Sadili SP MM didampingi Kasi Pengawasan dan Uji Pestisida Yulvarika SP, ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (27/3) mengatakan, pihaknya mengadakan SL-PHT ini untuk meningkatkan  mutu tanaman terutama yang berhubungan dengan  perkebunan.

“Dengan diadakannya SL-PHT ini, diharapkan pengetahuan masyarakat dan produktivitas hasil perkebunan masyarakat dapat lebih meningkat. Karena dengan SL-PHT ini masyarakat akan dibekali tentang cara mengolah dan menggunakan pestisida pada tanaman perkebunan dengan benar,” ujar Sadili.

Dijelaskanya, SL-PHT ini akan berlangsung selama 4 bulan, dengan pertemuan sekali dalam seminggu, yaitu setiap hari Kamis. Peserta SL-PHT ini diikuti oleh satu kelompok tani dengan jumlah 25 orang dari desa tersebut. Dengan narasumber berpengalaman pada bidang perkebunan.

“Petani menyambut antusias SL-PHT, karena pengetahuan mereka bertambah. Sehingga pengetahuan yang selama ini mereka anggap benar, ternyata masih ada yang salah. Untuk itu, diharapkan semoga dengan diadakannya Sl-PHT ini, tingkat produksi hasil perkebunan bertambah, dan kedepan Program kerakyatan ini akan juga dilaksakan di setiap kecamatan,” ungkapnya.