Telah dilihat sebanyak 3116 kali

Ajak Warga Sukseskan Swasembada Pangan

Pangdam II/Sriwijaya Pulang Kampung

Rabu, 14 Januari 2015 | 06:01 WIB
Diposting oleh

SANGA DESA, Beritamuba - Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya, Mayjen Iskandar M Sahil, mengajak seluruh masyarakat di Bumi Serasan Sekate untuk menyukseskan program swasembada pangan yang saat ini dilakukan pemerintah. Negara Indonesia bercita-cita untuk swasembada pangan paling lambat pada tiga tahun kedepan.

Untuk mewujudkannya, upaya yang dilakukan pemerintah bersama TNI adalah, Kepala Staf Angkatan Darat telah bekerjasama membuat Memorandum of Underatnding (MoU) dengan Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian sampai ke penyuluhan demi tercapainya cita-cita tersebut.

Demikian ini diutararakan Pangdam II/Sriwijaya saat berkunjung ke Kabupaten Musi Banyuasin yang merupakan kampung halaman beliau. Kunjungan kerja orang nomer satu di jajaran Kodam II/Sriwijaya ini berlangsung di SD Negeri 2 Desa Ngulak III, Kecamatan Sanga Desa, Muba, Selasa (13/1).

“Kita dituntut dalam satu tahun dua kali panen itu sudah cukup, mengingat daerah Muba bukan daerah pertanian. Jika ada wilayah di Kabupaten Muba yang memiliki hamparan luas, langsung dilaporkan dan dibuat kebutuhan apa saja yang diperlukan. Nanti akan diberikan bibit gratis, pupuk gratis dan akan dibuatkan saluran air oleh anggota TNI, serta kebutuhan penggunaan traktor sawah akan diberikan gratis kepada kelompok - kelompok tani,” tegas Iskandar.

Oleh karena itulah, beliau mengajak masyarakat dan jajaran Pemkab Muba, bersatu bersama POLRI dan TNI dalam mendukung membangun program pemerintah di wilayah masing-masing, Karena jika negara aman, pendapatan daerah meningkat, dan kesejahteraan kita pun akan meningkat.

Tidak hanya membahas soal pertanian, Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen Iskandar M Sahil  juga menekankan kepada para orang tua bahwa pendidikan anak itu penting. “Didiklah anak setinggi mungkin, jangan takut untuk maju karena kita orang desa. Contohnya saja saya bisa maju dan sukses walaupun saya asli orang Desa”, pesannya.

Sementara itu, Bupati Muba, H Pahri Azhari, mengucapkan selamat datang kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil atas kedatangannya ke Kota Sekayu Kabupaten Muba.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Muba terutama yang hadir pada acara ini, karena Pangdam II/Sriwijaya merupakan putra terbaik asli Sanga Desa. Semoga momen ini semakin mempererat hubungan silahturahmi antar TNI dan masyarakat guna menciptakan kondisi keamanan yang kondusif untuk memajukan pembangunan di Muba”, ujar Bupati

Ditambahkannya, Kepada bapak Pangdam, sebagai putra daerah yang telah berhasil tentunya kami berharap untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman, sehingga kami yang di daerah ini dapat terpacu untuk melangkah lebih maju.

Kedatangannya beserta rombongan disambut meriah dengan iringan musik Tanjidor dan Rebana dari warga Sanga Desa di rumah Pangeran H Anang Mahidin, yang merupakan Pangeran ke IX Marga Sanga Desa. Usai penyambutan acara dilanjutkan dengan Bhakti Sosial yang dilaksanakan di SDN 2 Desa Ngulak III, meliputi sunatan masal gratis, pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis pengobatan gratis dan donor darah gratis. Dipilihnya SDN 2 Ngulak III menjadi lokasi acara, karena Pangdam II/Sriwijaya merupakan alumni sekolah tersebut dan ingin kembali mengeratkan silaturahmi dengan teman-teman masa kecilnya.

Turut hadir  dalam acara ini Bupati Muba H Pahri Azhari beserta Hj Lucianty Pahri, Kapolres Muba AKBP Achmad Iksan SIk SH MSi berserta istri, Danrem 044 Kolonel Inf Suko Basuki, Kejari Sekayu Edi Handojo SH, Asisten I Setda Bidang Pemerintahan, Protokol dan Kesra H Rusli SP MM, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir H Sulaiman Zakaria MT, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Ir. Akmal Edy, serta perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Muba.