Telah dilihat sebanyak 914 kali

Yusnin : Sedekah Bumi Harus Dilestarikan

Selasa, 25 April 2017 | 12:04 WIB
Diposting oleh fitria

SUNGAI KERUH, beritamuba - Kebudayaan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masih kental dan sarat nilai yang terus dilakukan masyarakat setiap tahun. Seperti tradisi perayaan Sedekah Rami (Bumi) yang dilakukan Masyarakat Desa Kertayu, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Minggu (23/04/2017).

Sejak pagi, masyarakat Desa Kertayu sudah terlihat di sibukkan dengan berbagai persiapan sedekah rami. Tak ubah seperti hari raya, setia rumah terlihat membakar lemang.

Sebelum memasuki acara puncak yakni berebut lemang, masyarakat desa maupun wisatawan yang datang melakukan ziarah terlebih dahulu ke Makam Keramat Puyang Burung Jauh di Desa Kertayu.

Setelah ziarah selesai dilakukan, Sekitar pukul 14.30 WIB masyarakat berkumpul di rumah juru kunci makam untuk berebut lemang yang merupakan hasil dari buatan masyarakat Desa Kertayu sebagai simbol mengambil keberkahan.

Menurut Pj Bupati Muba H Yusnin yang ditemani sang istri turut hadir prosesi adat tersebut mengungkapkan tradisi sedekah rami sudah lama berjalan secara turun-temurun yang harus terus dilestarikan setiap tahun.
"pemkab muba menyambut baik dan mensupport kegiatan sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur yang diberikan Allah SWT terhadap hasil panen raya yang menjadi sakral bagi masyarakat disini," ujarnya

dalam kesempatan itu juga, yusnin melaporkan program pembangunan pemerintah kabupaten Muba ditahun 2017 menitikberatkan pada infrastruktur jalan, listrik dan air bersih. untuk di kecamatan Sungai keruh sendiri ia mengatakan menjadi prioritas.

sementara itu H Majid tokoh masyarakat desa kertayu mengatakan sedekah bumi rutin dilaksanakan sebagai tradisi untuk menghindari balak dan sebagai rasa syukur (berkah) pasca panen.

“Sedekah bumi identik dengan lemang, makanan khas terbuat dari ketan yang dibakar menggunakan bambu. Masyarakat meyakini, dengan melaksanakan sedekah bumi, dapat membantu mereka terhindar dari musibah dan semakin mendekatkan mereka kepada Allah SWT dalam wujud syukur,” ujar Majid

(Penulis: Alfian , Editor: Redy Rinaldi)

        

Komentar

Hak Jawab

    Jika ada berita kami yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atau pedoman media siber


    Silahkan gunakan hak jawab dan mengadu ke redaksi www.beritamuba.com


    Bila tidak mendapatkan pelayanan semestinya silahkan mangadu ke Dewan Pers


    LAYANAN ADUAN
    HAK JAWAB