Telah dilihat sebanyak 2839 kali

SYSA Muba Kalahkan Bowen FC Australia

Senin, 04 Agustus 2014 | 16:08 WIB
Diposting oleh

BEIJING, beritamuba - Tim Sepak Bola Sekayu Youth Soccer Academy (SYSA) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Indonesia berhasil mengalahkan Bowen FC Australia dengan skor 3-1 pada pertandingan The Great Wall Beijing Cup 2014, di Beijing. Gol Pertama SYSA Muba dicetak oleh Striker Zulfacri Muhammad, yang menjadi gol tercepat di turnamen ini,  yang tercipta pada menit pertama pertandingan. Di menit ke 34 penyerang Bowen FC – Petar Stoijkovic berhasil menyamakan kedudukan imbang 1-1 hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan. Memasuki babak kedua, tim asal Australia mengambil inisiatif untuk terus menekan pertahanan SYSA, namun peluang tidak berujung gol akibat penampilan yang cukup baik dari penjaga gawang SYSA, M Agung Al Hadi.

Kemudian secara perlahan, tim SYSA yang dikomandoi oleh Ichsan Wahyu Ramadhan mulai keluar dari tekanan, dan berhasil membuahkan gol kedua yang indah melalui skema menyerang yang cukup baik oleh pemain tengah Aditya Bayu Sumaryanto pada menit ke- 22, sehingga kedudukan menjadi 2-1 untuk SYSA, sembari terus menekan pertahanan Australia. Sysa Muba kembali memperbesar keunggulan melalui aksi individu yang brilian dari M Tarom pada menit ke-34, dengan melewati tiga pemain belakang Australia.

Hasil pertandingan ini cukup mengejutkan banyak pihak, karena tim asal Australia merupakan tim unggulan bersama Tim Nasional Hongkong sebagai kandidat juara pada turnamen ini. Bahkan seusai pertandingan media Beijing mendekati Benchplayer SYSA dengan melakukan wawancara ke Pelatih Kepala, Manager Team dan sang Kapten Ichsan Wahyu Ramadhan yang dianggap sebagai roh tim SYSA.

Dalam keterangannya Pelatih Kepala Danandjaya menyampaikan bahwa permainan berimbang, saling menyerang dengan peluang yang sama, namun keberuntungan lebih berpihak pada SYSA.

“Saya sangat senang SYSA bisa menaklukkan Bowen FC Australia, kendati demikian saya juga menyayangkan pemain-pemain Australia begitu keras dan menjurus kasar setelah ketinggalan 1-2, mungkin mereka kaget dengan hasil tersebut, karena sebetulnya tim SYSA ini dianggap underdog yang bisa dikalahkan dengan mudah, ternyata hasilnya tidak demikian,”Seloroh Danandjaya.

Manager Tim SYSA, Sunaryo, STTP MM dalam keterangannya menyampaikan kekagumannya atas pelaksanaan Turnamen ini. “Kami belajar banyak dari LOC The Great Wall Beijing Cup yang telah berlangsung 5 tahun, dan beberapa pesertanyapun terbilang berkualitas. Kami mendapat pengalaman berharga dengan mengikuti turnamen ini,” Ungkapnya.

Ketika ditanya oleh media apa kunci kesuksesan SYSA mengalahkan tim unggulan Australia, Sunaryo berkata dirinya hanya memotivasi pemainnya dengan mengatakan, “Hari ini di Indonesia seluruh masyarakat sedang berlebaran, sementara kita disini masih berjuang untuk sebuah kehormatan. Untuk itu mari kita berikan yang terbaik atas pengorbanan kita semua di hari Lebaran ini, dengan mempersembahkan kemenangan,”Ujarnya.

Sementara itu Ichsan dalam keterangannya mengatakan, “Kami tidak pernah tau siapa yang diunggulkan di turnamen ini, yang kami tau hanya bisa memberikan yang terbaik disetiap pertandingan yang dihadapi,”Ujarnya.

Banyak pihak yang memprediksi bahwa juara turnamen ini hanya 2 tim, yaitu Hongkong dan Australia. Namun dengan kekalahan Australia terhadap SYSA, prediksi tersebut bergeser menjadi 3 tim termasuk SYSA.

LOC turnamen, Mr Alistair Ren Healey mengatakan kekagumannya terhadap SYSA Muba yangntidak diduga bisa mengalahkan Australia.

Pada pertandingan berikutnya, Selasa tanggal 29 Juli 2014, tim SYSA akan menjajal kekuatan tim asal United Arab Emirat (UAE). Pertandingan yang semula akan digelar pagi hari diundur menjadi siang hari pukul 11.00, karena kedua tim ini akan menjalani Sholat Ied dipagi hari sebelum pertandingan keduanya.

(Penulis: Sofwan Dispopar Muba , Editor: Ria Permata Sari)

        

Komentar

Hak Jawab

    Jika ada berita kami yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atau pedoman media siber


    Silahkan gunakan hak jawab dan mengadu ke redaksi www.beritamuba.com


    Bila tidak mendapatkan pelayanan semestinya silahkan mangadu ke Dewan Pers


    LAYANAN ADUAN
    HAK JAWAB