Telah dilihat sebanyak 1636 kali

Prajurit Harus Peduli Lingkungan

Kamis, 18 September 2014 | 09:09 WIB
Diposting oleh

PALEMBANG, beritamuba - Setiap prajurit harus peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya, baik itu masalah kebersihan, keamanan, ketertiban maupun kehidupan sosialnya. Sebagai makhluk sosial, prajurit tidak bisa hidup sendiri seperti tarzan di tengah hutan, tetapi prajurit hidup di tengah-tengah masyarakat, sehingga harus senantiasa peduli terhadap lingkungannya. Bila ada tetangganya yang sedang sakit atau tertimpa musibah, prajurit harus turut membantu dan menjenguk, tidak boleh bersikap apatis dan indivualis.

Demikian dikatakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad, S.IP, M.M usai menjadi Inspektur Upacara bendera tujuh belasan di lapangan Makodam II/Swj - Palembang (Rabu, (17/9) dan memberikan hadiah kepada para pemenang lomba kebersihan lingkungan Komplek Asrama Militer dan perumahan prajurit di wilayah Palembang. Lomba kebersihan tersebut digelar dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan RI dan sekaligus HUT ke-69 TNI tahun 2014.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan secara objektif, terpilih sebagai komplek terbersih adalah Asrama TNI Kodam II/Swj di Sekojo dengan Komandan Komplek Kapten inf Mukhyar, terbersih kedua diraih Komplek Zidam Talang Grunik dengan Komandan Kompleknya Mayor Czi Asosadi dan terbersih ketiga diraih  Komplek Bengrah Boom Baru dengan Komandan Kompleknya Letkol Cpl Sudija.

Sementara untuk kategori rumah terbersih masing-masing diraih oleh Kapten Inf Mukhyar, disusul oleh Mayor Inf Harfilus, dan Kapten Czi Fahrurozi. Kepada masing-masing juara diberikan Piala dan piagam penghargaan oleh Kodam II/Swj. Selain itu juga diumumkan rumah terkotor yang penghuninya mendapatkan bendera dengan tulisan terkotor, sapu dan tempat untuk membuang sampah (cikrak).

Menurut Kasdam II/Swj bahwa pemberian predikat baik terbersih maupun terkotor tersebut merupakan bentuk reward and punishment.  Hal tersebut tidak dimaksudkan untuk mempermalukan, tetapi untuk mendorong dan merangsang agar setiap prajurit menjaga kebersihan dan peduli terhadap lingkungannya masing-masing.

Selain itu, Kasdam II/Swj  juga mengingatkan bahwa komplek perumahan militer tidak steril dari tindakan kriminal. Karena tidak menutup kemungkinan komplek perumahan militer dapat dijadikan tempat kegiatan ilegal. Untuk itu, Kasdam menekankan agar seluruh prajurit penghuni asrama militer tetap waspada dan menjaga keamanan lingkungannya. 

(Penulis: Pendam , Editor: Imam Ghazali)

        

Komentar

Berita Lainnya
    Hak Jawab

      Jika ada berita kami yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik atau pedoman media siber


      Silahkan gunakan hak jawab dan mengadu ke redaksi www.beritamuba.com


      Bila tidak mendapatkan pelayanan semestinya silahkan mangadu ke Dewan Pers


      LAYANAN ADUAN
      HAK JAWAB