Telah dilihat sebanyak 892 kali

TP PKK Muba Ikuti Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi

Jumat, 12 Mei 2017 | 08:05 WIB
Diposting oleh fitria

PAGAR ALAM, beritamuba - Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan gelar jambore kader posyandu tahun 2017 bagi Tim PKK Kabupaten/kota se-Sumsel yang bertempat di Hotel dan Villa Gunung Gare dan Villa MTQ Gunung Gare Kota Pagar Alam. Tidak ketinggalan Plt Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Hj Yulisawati Yusnin turut menghadiri dan mengikuti kegiatan tersebut bersama para kader posyandu PKK Kabupaten Muba. Acara dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Eliza Alex Noerdin bertempat di Aula Hotel dan Villa Gunung Gare, Kamis Malam (11/5/2017).

Dalam laporan ketua panitia, Hj Desliana SE MM mengatakan bahwa, tujuan umum dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan, serta mempererat persatuan dan kesatuan, sekaligus memberikan motivasi kepada kader posyandu agar dapat belejar lebih profesionalisme. Selain itu tujuan khusunya yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam mengelola posyandu. Kader posyandu dapat berperan aktif membina kesehatan ibu guna menurunkan angka kematian ibu. Meningkatnya keterampilan kader posyandu dalam melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan.

"Adapun peserta jambore kader posyandu tingkat Provinsi Sumsel tahun 2017 terdiri dari pada kader posyandu yang merupakan penggerak posyandu berjumlah 115 orang, waktu pelaksanaan selama dua hari yaitu 11-12 Mei, dengan kegiatan berupa Outbound dan Lomba Lagu Sumsel Gemilang dengan empat orang peserta/vocal group yang akan dilaksankan malam ini setelah pembukaan," jelasnya.

Menurut Hj Eliza Alex Noerdin, pelaksanaan kader jambore kader posyandu merupakan wujud rakyat Indonesia yang sehat serta mendorong partisipasi seluruh pihak guna mencapai tujuan.

"Jadi posyandu merupakan wadah pemeliharaan kesehatan yang di lakukan masyarakat dan untuk masyarakat, posyandu juga merupakan garda terdepan dan terdekat dengan masyarakat yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan,’’ katanya

Ia menilai, keberhasilan posyandu tidak lepas dari peran penting kader-kader itu sendiri, kalau pelayanan posyandu tidak optimal akan menyebabkan kader posyandu menjadi menurun dan berdampak pada terhambatnya  pencapaian status kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“jadi salah satu upaya peningkatan  pelayanan adalah bermitra dengan usaha kesehatan dasar posyandu yang dilakukan oleh kader-kader PKK yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyuluh penggerak masyarakat,’’ ujarnya.

Selain itu juga, jambore kader posyandu merupakan salah satu upayah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan keterampilan serta motivasi bagi kader posyandu  sehingga kegiatan jambore kader posyandu merupakan Reward atau penghargaan bagi kader posyandu itu sendiri yang dapat berintegrasi, berinterasi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman bagi sesama kader.  

“saya mengharapkan dari kegiatan jambore kader posyandu ini para kader dapat mengukur kemampuan masing-masing dan berusaha meningkatkan kekurangan baik dari segi pengetahuan sikap keterampilan serta adopsi ilmu pembelajaran maupun shearing antar kader di tingkat Provinsi Sumsel,” tuturnya

Selanjutnya, selaku Ketua Tim PKK Provinsi Sumsel menambahkan,  bahwa pembukaan kegiatan jambore kader posyandu tingkat Provinsi Sumsel tahun 2017 ini merupakan ajang silatuhrahmi antar kader posyandu se–Sumsel dan merupakan apresiasi pengerak PKK Provinsi Sumsel atas kinerja para kader posyandu yang telah bekerja  keras tanpa pamri membantu pemerintah. “Jadi degan adanya kegiatan ini diharapkan Sumsel gemilang akan terwujud dan tercapai,’’ pungkasnya.

(Penulis: Fitria Anjelina , Editor: Basori)

        

Komentar