Telah dilihat sebanyak 2909 kali

Sekda Muba Raih Penghargaan Dharma Bakti Pramuka

Minggu, 24 Agustus 2014 | 17:08 WIB
Diposting oleh

LUBUK LINGGAU, beritamuba - Sekda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs H Sohan Majid MM, selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Muba menerima penghargaan Lencana Dharma Bhakti dan Panca Warsa III. 

Penghargaan ini disematkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki selaku Wakil Ketua Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumsel pada Upacara Peringatan HUT Pramuka ke 53 dan Pembukaan perkemahan Wirakarya III Daerah Sumsel 2014 yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Air Terjun Temam, Kota Lubuk Linggau, Sabtu (23/8).

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian yang telah dilakukan, turut serta meningkatkan dan memajukan gerakan pramuka di daerah masing-masing. Untuk itu melalui Peringatan HUT Pramuka ke 53 ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian gerakan pramuka dalam pembentukan karakter kaum muda.

“Gerakan pramuka harus dijadikan sebagai wadah bagi generasi muda dalam membina ahlak, budi pengerti, watak dan prilaku  serta meningkatkan keterampilan, inovasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga kaum muda sebagai generasi penerus nantinya memiliki daya saing yang tinggi,” ujar Ishak disambut tepuk tangan seluruh peserta pramuka yang hadir.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Muba Drs H Sohan Majid MM usai menerima tanda penghargaan tersebut mengungkapkan, penghargaan yang didapat oleh para pengurus Kwarcab Muba merupakan sebagai wujud pengabdian seorang pramuka, orang dewasa terhadap gerakan pramuka baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini juga berkat dukungan Bupati Muba H Pahri Azhari dan jajarannya dalam memajukan gerakan pramuka di Bumi Serasan Sekate ini.

“Kami sebagai pengurus Kwarcab Muba akan terus berupaya memajukan gerakan pramuka ini dengan program yang telah ada. Karena itu, saya berpesan agar anggota Kwarcab yang mengikuti kegiatan perkemahan dapat menjaga nama baik Kabupaten Muba di tingkat provinsi. Semoga Kabupaten Muba dapat mewakili Sumsel pada Perkemahan Wirakarya tingkat nasional nanti,” pungkas Sohan.

Selain sekda ada Sebanyak 23 orang aktivis pramuka dari Kwarcab Muba menerima penghargaan ini. Mereka dianggap telah berjasa dalam mengembangkan pembinaan kepramukaan di daerahnya masing-masing. Diantaranya  tiga orang mendapatkan tanda penghargaan melati pramuka, satu orang meraih penghargaan Pancawarsa II, dan satu orang meraih penghargaan Pancawarsa IV, serta dua orang termasuk sekda menerima penghargaan Dharma Bhakti pramuka yang disematkan langsung oleh wakil gubernur.

Sedangkan jumlah Peserta Kwarcab Muba yang ikut perkemahan ini ada sebanyak 40 orang. Yang terdiri dari dua pimpinan kontingen dan dua pembina pendamping. Kegiatan perkemahan tersebut berlangsung selama enam hari, dimulai dari 22 - 27 Agustus 2014.