Telah dilihat sebanyak 1028 kali

Sekda Muba : 2019 Seluruh Perusahaan Wajib Daftarkan Karyawan ke BPJS

Jumat, 26 Oktober 2018 | 08:10 WIB
Diposting oleh fitria

SEKAYU,beritamuba - Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi menghimbau kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Bumi Serasan Sekate di tahun 2019 mendaftarkan karyawan dalam Program Nasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan dalam mendukung pencapaian Universal Healt Coverage (UHC).

"Kami minta kepada Kepala Perangkat Daerah terkait untuk mengirimkan surat kepada perusahaan-perusahaan agar mendaftarkan karyawannya untuk bergabung dalam BPJS Kesehatan," ujar Sekda saat memimpin Rapat Forum Komunikasi BPJS Kesehatan dengan Lemangku Kepentingan Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Selasa (23/10/2018).

Tidak hanya karyawan perusahaan, Sekda juga meminta perangkat desa yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan dapat segara bergabung.

"Tahun ini kita mengalokasikan dana untuk mengcover program BPJS Kesehatan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu sebesar kurang lebih Rp. 35 Miliar, itu sudah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah kita ," ungkap Sekda Muba.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang dr Andi Ashar AAK mengatakan untuk Kabupaten Muba menurut data per 1 Oktober 2018 dari total jumlah penduduk 603.290 jiwa yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan 50,12%.

"Masih ada kuota yang perlu kita maksimalkan, harapan kita semoga tahun 2019 dapat bertambah lagi (penduduk terdaftar di BPJS)," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Muba dr H Azmi Dariusmansyah MARS menuturkan dalam upaya agar anggaran yang dianggarkan untuk mengcover masyarakat miskin dan kurang mampu di tahun 2019 supaya tepat sasaran telah melaksanakan pendataan yang dilakukan oleh Puskesdes.

"Jangan sampai penduduk miskin / tidak mampu tidak tercover dalam program BPJS, akhir Oktober 2018 ini kita dapat data tepatnya," tutur Azmi.