Telah dilihat sebanyak 346 kali

Dukung Swasembada Beras, Kodim 0401 Muba Buka Cetak Sawah Seluas 300 Hektar

Kamis, 31 Januari 2019 | 08:01 WIB
Diposting oleh fitria
SEKAYU, beritamuba - Mendukung program Pemerintah Pusat dan visi pembangunan hijau berkelanjutan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, pihak TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0401 Musi Banyuasin membuka cetak sawah sebesar 300 hektar di wilayah Musi Banyuasin tepatnya di desa Langkap Kecamatan Babat Supat.
 
Pembuatan cetak sawah tersebut merupakan program Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI, dimana di provinsi Sumatera Selatan ini hanya ada tiga kabupaten yang melakukan pembuatan percetakan sawah yakni salah satunya Kabupaten Muba.
 
"Ya, kementerian pertanian dengan kerjasama dengan TNI AD melakukan pembuatan percetakan sawah,nah di Muba sendiri kita membuat 300 hektar 
Di desa Langkap kecamatan Babat Supat Muba," kata komandan Kodim 0401 Muba Letkol Arm Muhammad Saifudin Khoiruzzamani di sela peninjauan pengerjaan percetakan sawah di dusun IV Desa Langkap.
 
Dijelaskannya, pembuatan cetak sawah ini dilakukan untuk membuat petani di Indonesia ini sejahtera."Kita membantu petani kita agar mereka, sejahtera serta mendukung program pusat adanya swasembada beras," imbuhnya.
 
Lanjutnya, untuk pengerjaannya sendiri dimulai dari bulan November 2018, dan diperkirakan akan selesai di Bulan Februari 2019 akhir."Saat kita meninjau tadi, pembuatan cetak sawahnya sudah 80 persen lebih," ungkapnya.
 
Menurutnya, bahwa cetak sawah yang dibuat di Muba ada 300 hektar ,tapi itu dibagi diwilayah satu desa Langkap itu sendiri.
 
"Jadi untuk 250 hektar berada di dusun 1,2,dan 3,sedangkan selebihnya 50 hektar lagi ada di dusun IV. Di dusun 1,2 dan 3 di kerjain ada 5 Gapoktan, sedangkan dusun IV ada dua gapoktan jadi seluruhnya ada 7 Gapoktan yang nanti mengelolah cetak sawah tersebut," paparnya.
 
Dandim pun berharap kepada seluruh Gapoktan untuk mengelolah cetak sawah tersebut dengan sebaik mungkin,apalagi sekarang  cetak sawah yang sudah dibersihkan tersebut sudah bisa ditanami padi.
 
"Kita berharap Gapoktan segera mengelola cetak sawah yang sudah dibersihkan atau sudah bisa ditanami, apalagi semua bibit,pupuk dan alat bantu juga sudah diberikan,dan itu semua bantuan dari kementerian pertanian," ulasnya.
 
Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengapresiasi upaya yang dilakukan TNI AD yang dalam hal ini Kodim 0401 Muba untuk mendukung program swasembada beras di Musi Banyuasin. "Langkah pihak TNI AD melalui Kodim 0401 juga mendukung program berkelanjutan di Muba, dengan membuka cetak sawah otomatis meringankan beban dan mensejaterahkan petani di Muba," pungkasnya.